Article Com

Article yang berisikan hal - hal yang berguna untuk anda

4/17/2009 03:15:00 PM

Demam Facebook Merajalela

Diposting oleh Transmision 17

Akhir-akhir ini banyak komunitas pengguna Internet di Indonesia dan Dunia yang membahas tentang Facebook. Lebih dari 130 juta pengguna aktif mengaksesnya setiap bulan, dari komputer desktop mereka, notebook, hingga telepon seluler. Facebook memberikan penyegaran di tengah kejenuhan users terhadap Friendster, situs jejaring sosial yang sudah ada lebih dahulu.
Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial internet yang gratis dimana kita dapat membentuk jaringan dengan mengundang teman kita. Dan dari jaringan yang kita bentuk, kita dapat memperhatikan aktifitas mereka, mengikuti permainan/join game yang direkomendasikan, menambahkan teman atau jaringan kita berdasarkan organisasi sekolah, daerah domisili kita, dan seterusnya. Bisa dibilang fasilitas untuk berteman dan membina kehidupan sosial yang benar-benar lengkap.
Facebook kini menjadi situs wajib dikunjungi setiap harinya. Tidak afdhol rasanya kalau tidak menyapa kawan sesama member, atau sekadar mengomentari status mereka. Sangat mengasyikkan bisa melihat foto-foto teman terbaru, lalu menuliskan celetukan pada boks komentar.
Di era Web 2.0 saat ini, Facebook telah menciptakan ruang publik (public space) baru, bahkan lebih jauh dari itu, sebuah lingkungan publik (public sphere) baru bagi masyarakat.
Sampai saat ini facebook menempati ranking 7 sebagai website yang paling sibuk dan populer di dunia
Awalnya sih, iseng-iseng saja saya gabung di FaceBook kira-kira bulan juni tahun 2008. Eh, Ternyata malahan saya ketagihan dan lupa waktu sampai-sampai blog-blog saya kurang saya urus. Saking senangnya, malahan saya inisiatif membuat group buat Teman-teman sekolah saya, group komunitas Matic Brothers, sampai-sampai komunitas pencinta Blog saya juga saya buatkan group di FB(singkatan dari Facebook).
Menurut wikipedia.com :
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College.
Sejak 11 September 2006, dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Orang-orang dengan alamat surat elektronik (email) apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Di Indonesia, demam Facebook mulai memuncak pada pertengahan tahun 2008. Banyak kalangan Blogger dan Masyarakat Indonesia yang mulai kecanduan dan beralih dari situs sosial sejenis atau tandingan (friendster, hi5, fupei, myspace).
Nah sekarang kita membahas tentang beberapa 'etika' Facebook yang dikutip di detik.NET yang mungkin berguna bagi kita semua.

1. Status hubungan Anda adalah keputusan bersama pasangan

Jangan pernah mengubah-ubah status hubungan Anda jika tidak didasari kesepakatan bersama antara Anda dan pasangan. Banyak kasus buruk terjadi akibat seseorang merubah statusnya secara sepihak. Jangan lupa, teman-teman Anda atau teman pasangan Anda bisa mengetahui hal ini dengan cepat.

2. Berteman dengan teman dari sahabat Anda pun ada etikanya

Ketika ingin berteman dengan teman sahabat Anda di Facebook, jangan lupakan keberadaan teman Anda yang di sini berperan sebagai 'penghubung'. Katakan dari siapa Anda mengetahui profil mereka. Anda tak mau
dicurigai sebagai sales bukan?

3. Siapkan diri ketika berteman dengan seseorang yang pernah berkencan dengan Anda

Sebelum Anda melakukannya, lebih baik Anda siap mental dulu. Beberapa status yang dia tulis bisa jadi membuat Anda cemburu. Dibutuhkan kedewasaan untuk melakukan hal ini. Namun jika Anda tidak ambil pusing, lakukan saja.

4. Jangan banjiri profil dengan foto, video, dan komentar yang berkaitan dengan gagalnya hubungan Anda

Hal itu sepertinya tidak pantas dilakukan di Facebook. Jika Anda ingin minta simpati, teleponlah teman Anda, jangan bertanya pada orang-orang di dunia maya, apalagi di Facebook yang diakses banyak orang. Anda malah bisa dipermalukan.


5. Jangan curhat dan buka rahasia di Facebook

Jika Anda ingin curhat dan sejenisnya, lebih baik Anda tidak melakukannya di Facebook. Gunakan saja e-mail, telepon atau lakukan saat sedang makan bersama teman Anda misalnya. Masih banyak fasilitas lain bukan? Anda tentu tidak ingin rahasia Anda diumbar oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

6. Kenali Perbedaan antara Wall dan Message

Suatu pernyataan yang menyangkut hubungan pribadi Anda sebaiknya tidak usah terlalu diekspos. Kalimat seperti "I luv u soo much baaabyy.. I Can't wait too see 2neit", mungkin akan lebih cocok jika ditulis di message.

7. Jangan sekali-kali Membuat profil Palsu

Mungkin terlintas di benak Anda untuk membuat akun palsu mantan pacar yang telah menyakiti Anda. Kemudian, Anda posting hal-hal buruk tentangnya. Tentu saja, jangan pernah benar-benar melakukan hal ini. Jika aksi Anda ketahuan, orang-orang malah bisa memberi cap negatif pada Anda.
Tambahan dari gw :
8. Jangan sekali-kali Meng-upload bersifat privasi
Hal ini banyak kejadian tentang beredarnya foto, video, dan hal yang berbau pribadi (privasi) yang tidak seharusnya dikonsumsi oleh publik.
Contohnya tidak jauh-jauh, ini kejadian berasal dari teman kampus gw :
Foto bugil-nya dia di kamar mandi, yang di foto oleh teman-nya dia sewaktu kuliah dulu di upload sama teman-nya, sehingga sampai-sampai foto-nya geger dibicarakan publik.
Untungnya foto tersebut hanya di beredar satu minggu, soalnya teman gw mengancam ke temannya yang meng-upload foto dirinya, jika foto itu tidak di hapus maka dia akan menuntut balik kepada peng-upload.
Contoh yang gw kasih ini merupakan salah satu penyelewengan etika dalam facebook yang tidak terpuji.

Intinya adalah jangan banyak mengumbar informasi tentang diri Anda apalagi yang bersifat pribadi. Anda tak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi ke depannya. Ingat, dunia maya meski menyenangkan tetap penuh dengan risiko dan juga orang-orang jahat.
Kelebihan, kelemahan, dan perbedaan antara Facebook dengan Friendster :
Nah, sekarang kita membahas perbedaan, keuntungan, dan kelemahan tentang facebook dan friendster (sorry situs sosial lainnya tidak saya bandingkan, soalnya kedua situs ini sangat mencolok di Indonesia) ini gw dapat dari berbagai sumber dan pengalaman gw yang juga memiliki kedua situs sosial ini.
Pertama, Banyak orang yg hijrah dari friendster ke facebook karena beberapa keunggulan fitur-fiturnya yang dimiliki dari facebook.
Kedua, dari beberapa situs dan forum hacking, gw sama sekali belum pernah menemukan topik yang membahas tentang hacking facebook. Bener gak? Coba klo friendster? Banyak banget bro.
Ketiga, friendster sering banget terjadi maintenance. Bener gak? Coba klo facebook? Jarang bukan.
Nah, bosen kan dari tadi kita selalu membanggakan Facebook. Sekarang kita membahas tentang kelebihan friendster atau dengan kata lain sekarang kita membahas tentang kekurangan facebook:

1. Sign Up-nya lebih gampang, jika Confirmation Email FS masuk ke Inbox tapi FaceBook masuk ke Bulk
2. Tampilannya lebih user friendly, mungkin hal ini karena layout Friendster sudah lama dikenal oleh Rakyat Indonesia (dan sekitarnya)
3. Friendster masih menjadi social network yang digemari di Indonesia, orang Indonesia masih lebih banyak yang menggunakan FS dari pada Facebook. Ini fakta loh…, coba aja lo buka situs alexa.com (situs peringkat terpercaya di dunia) berapa rating friendster terhadap facebook.
4. Friendster lebih mantaph karena kita bisa edit layout, mulai dari background, tulisan, dsb. Intinya buat orang Indonesia lebih merakyat lah. Betul or Tidak?

5. Fungsi Add Comment/Testimonial-nya lebih sederhana.
Testimonial dapat berupa komentar, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan sebuah gambar yang menarik.
6. Sebagai pemilik account friendster kita bisa membuat profil sesuai yang kita inginkan. Berbeda dengan facebook dimana kita harus mengikuti keinginan para pembuat aplikasi.

Sedangkan kekurangan friendster:
1. Friendster kebanyakan account palsu, belum lagi spam yang merajalela memenuhi bulletin dan inbox usernya.

2. Tampilannya bisa dibilang seperti dinding iklan.

3. Corak, warna, dan layout yang terlalu rame membuat kita melihat home user rada pusing. Apalagi layout baru orange menyala untuk promosi klo friendster bisa bahasa mandarin juga (sebelum berganti ke warna biru)

4. Fitur yang masih seputar itu saja.
Contohnya foto sangat terbatas, dalam satu halaman ditampilkan semua foto tanpa kategori. Bulletin yang di posting beberapa kali dengan harapan bisa selalu paling atas, kenapa demikian? Soalnya untuk pengumuman atau cuma komentar saja cuma bisa di bulletin saja.

5. Fitur untuk mencari teman yang berada di lokasi yang sama sangat sedikit.
Terkadang kita susah mencari teman klo tidak tahu nama lengkap atau emailnya. Kekurangan Fitur menjadi alasan kebanyakan orang berpindah ke facebook
6. Terkadang setiap halaman terasa berat ketika di Load sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membuka 1 halaman. Hal ini dapat menghabiskan banyak bandwith

Sekarang kita membahas kelebihan atau keunggulan facebook :

1. Clean Layout,
layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.

2. No advertising,
tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.

3. Network,
pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utama kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4. Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
8. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9. Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11. Anti Fake account and Spam,
Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12. Develop your Facebook widget,
kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
13. Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar,
sehingga Surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.
14. Tag Photo
dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
15. Game,
Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung.

0 comments:

Posting Komentar